Minggu, 18 Desember 2011

Jurnalimah : Special Menu for Journalist Al Ummah Wanna be !

"Menulis itu seperti belajar berenang"


Satu kalimat yang mengusir pikiran pragmatis kita bahwa menulis adalah bakat yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Pak Ade Asep Syaifuddin, selaku pembicara dalam acara yang diadakan oleh Yayasan Al-Ummah ini menorehkan banyak pesan yang ditujukan kepada 20 peserta Jurnalimah di TKIT Ulul Albab, Pekalongan.

"Belajar berenang itu dimulai dengan nyemplung langsung ke air kolam" tutur pembicara yang bekerja sebagai general manager di radar pekalongan itu. Peserta pun ikut manggut-manggut yang berarti membenarkan kata pak Asep. Untuk bisa menulis, mau gak mau jurus yang harus kita lakukan adalah MENULIS.

Mayoritas penulis pemula memiliki perasaan 'underestimate' karena takut tulisan dinilai sebagai tulisan yang tidak bermutu. Salah. itulah persepsi yang menghancurkan semangat kita untuk memulai menulis. Padahal sudah dikatakan oleh pembicara yang merupakan alumni IAIN Cirebon itu, bahwa untuk menjadi seorang penulis, cerpenis, ataupun jurnalis maka jangan pernah takut untuk menjadi penulis terjelek pada karya awal. Segala sesuatu berawal dari sebuah permulaan yang kecil untuk kemudian menjadi sebuah akhir yang besar.

Menu spesial di hari Senin, 19 Desember 2011 ini tak berhenti pada penyampaian motivasi menulis saja. Kak Nurhadi SA, selaku Tim redaksi Bulletin Al Ummah menyemarakkan acara dengan gaya ala fotografer. Dunia jurnalistik memang luas. Tidak ditinjau dari segi pelaporan berita saja tetapi juga meliputi fotografi dari hasil kegiatan yang diliput.

Workshop penulisan berita menjadi ending dari acara Jurnalimah hari ini. Peserta pun antusias memposting berita pada blog masing-masing, meskipun ada sedikit kendala teknis. Semoga semangt ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan tujuan dari acara ini : Journalist Al Ummah Wanna be !!

[Azmie-Ceria]

2 komentar:

  1. Subhanallah... ini mah bukan penulis pemula lagi!
    Rasa tulisannya sudah 'mak nyuss' kata pak Bondan, hehe...
    Leadingnya juga oke punya, lihat tuh, pake quotenya pak Asep, "Menulis itu seperti belajar berenang"
    Dan, ini nih, yg ane suka: Judul dan closingnya, "Journalist Al Ummah Wanna be !!"
    Keep posting!

    BalasHapus
  2. yang disayangkan cuma satu: nilainya setengah doang! (habis, dibagi dua sama bu azmi, hihi...)

    BalasHapus